LABOLATORIUM MICROTEACHING

Microteaching adalah salah satu komponen penting dalam program pendidikan di Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Hidayah Bogor. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mengajar mahasiswa dengan memberikan pengalaman praktis dalam situasi yang dikontrol dan terfokus. Berikut adalah deskripsi lengkap tentang microteaching di Prodi PAI STAI Al-Hidayah Bogor

Profil Microteaching STAI Al-Hidayah Bogor

Nama Program      : Microteaching Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)

Institusi                   : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor

Dosen Pengampu  : Dr. Unang Wahidin, M.Pd.I.

Tujuan Program:

  • Mengembangkan keterampilan mengajar mahasiswa.
  • Mengintegrasikan teori pendidikan dengan praktik nyata.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui evaluasi dan umpan balik.
  • Mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional.

Komponen Program:

  1. Perencanaan:

    • Mahasiswa merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
    • RPP mencakup tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, dan evaluasi.
  2. Pelaksanaan:

    • Mahasiswa melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP.
    • Sesi ini dihadiri oleh dosen pembimbing dan teman sejawat, serta direkam untuk evaluasi.
  3. Observasi dan Evaluasi:

    • Dosen pembimbing dan teman sejawat mengobservasi dan memberikan umpan balik.
    • Evaluasi mencakup keterampilan komunikasi, penggunaan metode pembelajaran, penguasaan materi, dan interaksi dengan siswa.
  4. Refleksi:

    • Mahasiswa melakukan refleksi terhadap umpan balik.
    • Identifikasi area yang perlu diperbaiki dan pelaksanaan sesi ulang jika diperlukan.

Manfaat Program:

  • Pengalaman Praktis  : Mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar langsung.
  • Pengembangan Diri : Mahasiswa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam mengajar.
  • Kepercayaan Diri            : Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam mengajar.
  • Keterampilan Reflektif : Mahasiswa belajar untuk reflektif dan kritis terhadap praktik mengajar mereka.

Fasilitas Pendukung:

  • Ruang Microteaching: Dilengkapi dengan peralatan pembelajaran modern.
  • Teknologi Rekaman: Untuk merekam dan meninjau sesi microteaching.
  • Dosen Pembimbing: Tenaga pengajar yang berpengalaman dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

Metodologi:

  • Pendekatan Praktis: Mahasiswa langsung terlibat dalam praktik mengajar.
  • Evaluasi Konstruktif: Memberikan umpan balik yang membangun untuk peningkatan berkelanjutan.
  • Refleksi Berkelanjutan: Mahasiswa terus melakukan refleksi dan perbaikan diri.

Kesimpulan

Program Microteaching di STAI Al-Hidayah Bogor adalah komponen penting dalam membentuk mahasiswa Prodi PAI menjadi pendidik yang kompeten dan profesional. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan praktis, evaluasi konstruktif, dan refleksi berkelanjutan, program ini memberikan fondasi yang kuat bagi calon-calon guru untuk menghadapi tantangan di dunia pendidikan.  

Standar Operasional Prosedur (SOP) Microteaching

Prodi       : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Institusi  : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor

1. Tujuan

  • Menyediakan panduan yang jelas dan terstruktur untuk pelaksanaan microteaching.
  • Meningkatkan kualitas pengajaran mahasiswa melalui evaluasi dan umpan balik.
  • Memastikan pelaksanaan microteaching berjalan sesuai standar yang ditetapkan.

2. Ruang Lingkup

SOP ini berlaku untuk seluruh mahasiswa Prodi PAI yang terlibat dalam kegiatan microteaching di STAI Al-Hidayah Bogor.

3. Definisi

Microteaching: Suatu metode latihan mengajar dengan skenario tertentu yang memungkinkan mahasiswa untuk mempraktikkan dan mengembangkan keterampilan mengajar mereka dalam lingkungan yang terkontrol.

4. Kebijakan

  • Semua mahasiswa Prodi PAI wajib mengikuti program microteaching sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Kegiatan microteaching harus dilaksanakan di ruang yang telah disediakan dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

5. Prosedur Pelaksanaan

A. Persiapan

  1. Pemberitahuan Jadwal:
    • Koordinator program menginformasikan jadwal microteaching kepada mahasiswa minimal satu minggu sebelum pelaksanaan.
  2. Penyusunan RPP:
    • Mahasiswa menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang harus disetujui oleh dosen pembimbing sebelum pelaksanaan.
  3. Pengaturan Ruang:
    • Staf administrasi memastikan ruang microteaching siap digunakan, termasuk peralatan yang diperlukan (misalnya, papan tulis, proyektor, kamera untuk rekaman).

B. Pelaksanaan

  1. Pembukaan:
    • Dosen pembimbing membuka sesi microteaching dan menjelaskan tujuan serta prosedur pelaksanaan.
  2. Praktik Mengajar:
    • Mahasiswa melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP di hadapan dosen pembimbing dan teman sejawat.
  3. Rekaman:
    • Sesi microteaching direkam untuk keperluan evaluasi dan dokumentasi.

C. Observasi dan Evaluasi

  1. Observasi:
    • Dosen pembimbing dan teman sejawat mengobservasi jalannya pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi yang telah disediakan.
  2. Umpan Balik:
    • Setelah sesi microteaching, dosen pembimbing dan teman sejawat memberikan umpan balik secara lisan dan tertulis.
    • Umpan balik mencakup aspek-aspek seperti keterampilan komunikasi, penggunaan metode pembelajaran, penguasaan materi, dan interaksi dengan siswa.

D. Refleksi dan Tindak Lanjut

  1. Refleksi:
    • Mahasiswa melakukan refleksi terhadap umpan balik yang diberikan dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.
  2. Sesi Ulang:
    • Jika diperlukan, mahasiswa dapat melakukan sesi microteaching ulang untuk memperbaiki kekurangan yang telah diidentifikasi.

6. Dokumentasi

  • RPP: Disimpan oleh mahasiswa dan diserahkan kepada dosen pembimbing.
  • Lembar Observasi dan Umpan Balik: Disimpan oleh dosen pembimbing dan diberikan salinannya kepada mahasiswa.
  • Rekaman Sesi: Disimpan oleh koordinator program untuk keperluan evaluasi lebih lanjut.

7. Tanggung Jawab

  • Mahasiswa: Menyusun RPP, melaksanakan microteaching, dan melakukan refleksi.
  • Dosen Pembimbing: Memberikan bimbingan, mengobservasi, dan memberikan umpan balik.
  • Koordinator Program: Mengatur jadwal, menyediakan fasilitas, dan menyimpan dokumentasi.

8. Penutup

SOP ini diharapkan dapat menjadi panduan yang efektif dalam pelaksanaan microteaching di Prodi PAI STAI Al-Hidayah Bogor. Dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan mengajar mereka secara optimal.

Fasilitas Microteaching di STAI Al-Hidayah Bogor

1. Ruang Microteaching

  • Deskripsi: Ruang yang khusus didesain untuk kegiatan microteaching, dilengkapi dengan perlengkapan dan suasana yang menyerupai kelas nyata.
  • Fasilitas:
    • Meja dan kursi yang dapat diatur sesuai kebutuhan
    • Papan tulis (whiteboard) dan spidol

2. Peralatan Teknologi

  • Proyektor dan Layar:
    • Untuk menampilkan materi ajar dan presentasi
  • Komputer/Laptop:
    • Dilengkapi dengan perangkat lunak presentasi (misalnya, Microsoft PowerPoint)
  • Kamera dan Perangkat Rekam:
    • Kamera video untuk merekam sesi microteaching
    • Mikrofon untuk memastikan kualitas audio rekaman
  • Speaker:
    • Untuk memastikan semua peserta dapat mendengar dengan jelas
  • Koneksi Internet:
    • Akses internet yang stabil untuk kebutuhan akses materi online

3. Bahan Ajar dan Referensi

  • Perpustakaan:
    • Akses ke koleksi buku, jurnal, dan materi ajar terkait pendidikan dan metode mengajar
  • Sumber Daya Digital:
    • Akses ke basis data online dan e-book untuk bahan referensi

4. Alat Peraga

  • Buku dan Materi Cetak:
    • Buku teks, modul, dan materi cetak lainnya yang relevan
  • Alat Peraga Visual:
    • Peta, diagram, dan grafik untuk membantu penyampaian materi
  • Alat Peraga Fisik:
    • Objek dan alat bantu fisik yang dapat digunakan dalam demonstrasi

5. Ruang Diskusi dan Evaluasi

  • Ruang Diskusi:
    • Ruang yang nyaman untuk diskusi dan evaluasi setelah sesi microteaching
  • Fasilitas Audio-Visual:
    • Layar dan proyektor untuk memutar rekaman sesi dan melakukan evaluasi bersama

6. Fasilitas Pendukung Lainnya

  • AC dan Ventilasi:
    • Sistem pendingin ruangan untuk kenyamanan selama sesi
  • Pencahayaan:
    • Pencahayaan yang memadai untuk memastikan visibilitas yang baik
  • Ruang Tunggu:
    • Ruang tunggu yang nyaman bagi mahasiswa yang menunggu giliran

Kesimpulan

Fasilitas yang disediakan untuk microteaching di STAI Al-Hidayah Bogor dirancang untuk memberikan lingkungan yang optimal bagi mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan mengajar mereka. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, mahasiswa dapat melakukan praktik mengajar dengan lebih efektif dan mendapatkan umpan balik yang konstruktif untuk peningkatan kualitas pengajaran mereka.

Panduan Pendaftaran Microteaching

 

1. Persyaratan Pendaftaran

Sebelum mendaftar untuk program microteaching, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut:

  • Status Mahasiswa: Terdaftar sebagai mahasiswa aktif Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di STAI Al-Hidayah Bogor.
  • Mata Kuliah Prasyarat: Telah menyelesaikan mata kuliah prasyarat yang ditentukan oleh program studi.
  • Dokumen Pendukung: Menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti kartu mahasiswa, transkrip nilai sementara, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

2. Proses Pendaftaran

Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran untuk program microteaching:

A. Pendaftaran Online

  1. Akses Portal Akademik:
    • Buka portal akademik STAI Al-Hidayah Bogor melalui situs resmi.
  2. Login:
    • Masuk menggunakan akun mahasiswa Anda.
  3. Formulir Pendaftaran:
    • Temukan dan isi formulir pendaftaran microteaching dengan lengkap.
    • Lampirkan dokumen yang diperlukan, seperti RPP, kartu mahasiswa, dan transkrip nilai sementara.
  4. Pengiriman Formulir:
    • Kirim formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pendukung.

B. Pendaftaran Manual

  1. Pengambilan Formulir:
    • Datang ke bagian administrasi Prodi PAI dan ambil formulir pendaftaran microteaching.
  2. Pengisian Formulir:
    • Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan jelas.
  3. Lampiran Dokumen:
    • Lampirkan dokumen yang diperlukan, seperti RPP, kartu mahasiswa, dan transkrip nilai sementara.
  4. Pengumpulan Formulir:
    • Serahkan formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pendukung ke bagian administrasi Prodi PAI.

3. Verifikasi dan Konfirmasi

  • Verifikasi Dokumen:
    • Bagian administrasi akan memverifikasi dokumen yang Anda lampirkan.
  • Konfirmasi Pendaftaran:
    • Setelah verifikasi, Anda akan menerima konfirmasi pendaftaran melalui email atau pemberitahuan di portal akademik.
  • Jadwal Pelaksanaan:
    • Informasi mengenai jadwal pelaksanaan microteaching akan diberikan setelah pendaftaran dikonfirmasi.

4. Persiapan Sebelum Pelaksanaan

  • Bimbingan Dosen:
    • Temui dosen pembimbing untuk mendapatkan bimbingan dan persiapan sebelum pelaksanaan microteaching.
  • Revisi RPP:
    • Revisi RPP berdasarkan masukan dari dosen pembimbing.
  • Latihan:
    • Lakukan latihan mengajar untuk mempersiapkan diri sebelum sesi microteaching yang sebenarnya.

5. Pelaksanaan Microteaching

  • Kehadiran:
    • Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Dokumen:
    • Bawa dokumen yang diperlukan, termasuk RPP yang telah direvisi dan bahan ajar lainnya.

6. Evaluasi dan Umpan Balik

  • Observasi:
    • Sesi microteaching akan diobservasi oleh dosen pembimbing dan teman sejawat.
  • Umpan Balik:
    • Terima umpan balik dan evaluasi untuk peningkatan lebih lanjut.

PANDUAN MICRO TEACING

Panduan Micro Teacing 2019

Silahkan Kilk Tombol di bawah ini untuk Membuka
Download

Panduan Micro Teacing 2020

Silahkan Kilk Tombol di bawah ini untuk Membuka
Download